Categories

Minggu, 19 Februari 2012

Komputer

Pengertian Komputer
Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menerima input, melakukan suatu proses dan menghasilkan output.

       Input (angka, karakter, gambar, dll)  -  Proses  -  Output(angka, karakter, gambar,suara, dll)
Sistem komputer terdiri dari prosesor, memori,  I/O. Memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner 1000110) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte. I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O yaitu keyboard, monitor dan disk drive, webcam (kamera web), printer, scanner, dan sebagainya.
Fungsi dasar yang dibentuk oleh sistem komputer adalah eksekusi program. Program yang akan dieksekusi oleh CPU berisi sejumlah instruksi yang disimpan di dalam memori.
Tujuan pokok sistem komputer adalah pengolahan data untuk menghasilkan informasi.

Pada Jaringan Komputer, komputer memiliki  2 fungsi yaitu:
1. Komputer Client
    Komputer Client adalah komputer yang meminta (request) satu layanan tertentu ke suatu server. Komputer client harus dilengkapi dengan aplikasi client khusus dan menjalankannya, sehingga dapat memanfaatkan layanan yang ditawarkan server.
2. Komputer Server
     Komputer Server adalah komputer yang menawarkan suatu layanan tertentu kepada komputer atau jaringan lain. Aplikasi yang disimpan di komputer ini dapat diakses oleh terminal komputer lain yang terhubung dengannya. Salah satu jenis server adalah file server (server file), server file menyediakan layanan penyimpanan dan penemuan kembali (retrieval) file-file.
Fungsi server secara umum dilakukan oleh sebuah server komputer adalah :
1. Menyediakan aplikasi dan database yang diperlukan oleh komputer terhubung
2. Menyediakan fitur keamaan komputer
3. Melindungi semua komputer terhubung menggunakan firewall
4. Menyediakan IP address untuk mesin komputer terhubung
Fitur Komputer Server :
1. Dibutuhkan ukuran memori atau RAM yang cukup besar untuk menampung jumlah query yang dijalankan oleh komputer yang terhubung
2. Prosesor yang digunakan memiliki kemampuan memberikan fasilitas multitasking
3. Kapasitas penyimpanan hard drive dari komputer server harus besar untuk dapat menyimpan semua data.
Komputer server juga terbagi 2 yaitu :
a. Server Dedicated 
Dedicated server dapat diartikan sebagai server yang disewa secara terpisah dan berdiri sendiri. Layanan dedicated server memungkinkan untuk menjalankan aplikasi berat dengan beban kerja tinggi yang tidak dapat dioperasikan pada shared hosting maupun VPS. Biasanya penyedia dedicated server menyediakan satu set web server fisik secara lengkap beserta sistem operasinya. Agar dapat masuk ke web servernya Anda akan memperoleh root akses sehingga kamu sendiri dapat melakukan maintenance server melalui akses yang telah tersedia.
layanan dedicated server juga memiliki beberapa kekurangan antara lain :
- Mahalnya biaya sewa dedicated server
  Saat ini biaya sewa dedicated server berkisar antara Rp. 500.000 per bulan sampai dengan 
Rp. 200.000 per bulan tergantung spesifikasi komputer dedicated server yang anda sewa.
- Pengoperasian dedicated server membutuhkan penguasaan teknologi yang tinggi.

b. Server Undedicated
    Pada komputer server yang berjenis undedicated server digunakan oleh organisasi yang memiliki jaringan komputer yang tidak terlalu besar, sehingga pelayanan komputer server yang digunakan cukup ditangani oleh satu komputer server saja, dan komputer server tersebut telah memiliki semua pelayanan yang dibutuhkan oleh organisasi atau lembaga tersebut. Server undedicated ini bertindak sebagai pusat informasi serta dapat berubah statusnya sebagai client.
  

Sumber:
 http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/browser/server_client.html
https://demoffy.wordpress.com/2010/04/29/apa-itu-dedicated-server/
http://kernel26.blogspot.com/2011/04/pelayanan-server-services-server-part-i.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar