Categories

Jumat, 08 Juli 2011

Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menerima input, melakukan suatu proses dan menghasilkan output.

       Input (angka, karakter, gambar, dll)  -  Proses  -  Output(angka, karakter, gambar,suara, dll)
Sistem komputer terdiri dari prosesor, memori,  I/O. Memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner 1000110) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte. I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O yaitu keyboard, monitor dan disk drive, webcam (kamera web), printer, scanner, dan sebagainya.
Fungsi dasar yang dibentuk oleh sistem komputer adalah eksekusi program. Program yang akan dieksekusi oleh CPU berisi sejumlah instruksi yang disimpan di dalam memori.
Tujuan pokok sistem komputer adalah pengolahan data untuk menghasilkan informasi.
Elemen-elemen dari system komputer yaitu Hardware (perangkat keras) dan Software (perangkat lunak).

1.   Hardware (perangkat keras)
           Perangkat keras dalam komputer secara garis besar terdiri dari:
a.      Piranti masukan (input device)
Digunakan untuk menerima input yang dapat berupa :
·         signal input : energi yang akan dirubah oleh sistem(data).
·         maintenace input : program yang digunakan untuk mengolah data masukan.
Contoh : keyboard, pointing device, scanner, sensor.
b.      Piranti pemrosesan
Piranti pemrosesan merupakan otak dari komputer, oleh karena itu sering diberi istilah sistem unit. Piranti ini mengendalikan seluruh aktivitas dari seluruh sistem komputer. Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut piranti ini adalah central processing unit (CPU). CPU terdiri dari dua bagian yaitu:
·      Arithmetic Logic Unit (ALU), yang berfungsi untuk menampilkan seluruh fungsi aritmatika dan logika;
·      Control Unit, yang berfungsi untuk mengatur urutan aktivitas yang mesti dilakukan untuk mengeksekusi instruksi, termasuk di dalamnya berupa antrian dari instruksi (queue).
Kinerja dari CPU sangat tergantung pada micro-processor yang terpasang pada suatu komputer. Piranti micro-processor lebih umum disebut processor saja. Terdapat beberapa perusahaan yang mengeluarkan prosessor antara lain Intel Corp. (INTEL), Advanced Microprocessor Device, Inc. (AMD), Cyrix dan Giga Pro. Varian dari micro-processor sangat beragam, yang merupakan keluaran INTEL antara lain Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, dan INTEL Pentium Dual Core. Sedangkan processor keluaran AMD antara lain K5, K6, Duron, Athlon, Anthlon XP, Barthron dan generasi terakhir adalah Opteron dan Sempron dengan teknologi 64-Bit. Kedua perusahaan yaitu Intel dan AMD bersaing merebutkan pasar, terutama untuk keperluan Personal Computer (PC). Processor di dalam CPU tertanam dalam sebuah papan kerja bernama main-board yang terdiri dari socket, slot dan chipset pendukung. Mainboard sangat menentukan keawetan komputer.
Kinerja processor didukung oleh memori utama yang merupakan komponen penyimpanan internal dari suatu komputer. Ada dua tipe memori utama yaitu random access memory (RAM) dan read only memory (ROM). ROM sudah terpasang pada main board berupa chipset utama. Sedangkan RAM terpasang pada DIMM yang juga terdapat pada mainboard. Satu mainboard bisa jadi terdapat lebih dari satu DIMM, tergantung jenis dan kemampuan upgrade-nya. Ada beberapa jenis RAM yaitu EDORAM, SDRAM, DDRAM dan RDRAM. Selain memori utama di dalam CPU biasanya terdapat pula memori lain yaitu register, buffer dan cache memory. Slot–slot pada mainboard digunakan untuk menancapkan beberapa piranti keluaran antara lain VGA/AGP card, sound card, IO card, ethernet card dan modem internal serta masih banyak lagi.
c.       Piranti penyimpanan (storage device)
Piranti penyimpanan (storage device) mutlak diperlukan dalam suatu sistem komputer. Seperti pada penjelasan sebelumnya, terdapat penyimpanan utama dalam CPU. Namun kapasitas yang mungkin tersimpan dalam penyimpan utama sangat terbatas, sehingga diperlukan piranti penyimpanan pendukung. Sistem penyimpanan pendukung sangat beragam yaitu:
·         magnetic disk antara lain floppy disk dan hard disk,
·         optical disk antara lain CD, DVD dan Blue-Ray
·         pen drive, yaitu USB flash drive dan ZIP drive,
·         card, misalnya ATM, dan chip-card, serta
·         pita misalnya cassette dan reel to reel tape.
d.      Piranti keluaran (input device).
Proses out-put merupakan proses penerjemahan data dari suatu bentuk yang hanya terbaca mesin menjadi bisa dimengerti oleh manusia atau terbaca oleh mesin lain. Sedangkan piranti keluaran yaitu piranti yang mempunyai kemampuan mengkomunikasikan informasi hasil keluaran dari proses komputer kepada manusia atau mesin lain sehingga infomasi tersebut dapat digunakan. Piranti keluaran antara lain: monitor; printer; plotter; voice output device (speaker), optical drive dan computer output microfilm device.
2.   Software (perangkat lunak)
Perangkat lunak terdiri dari :
*      Sistem operasi
Sistem Operasi (Operating System) mempunyai beberapa fungsi utama antara lain:
a.      manajemen sumber daya
b.      manajemen data
c.       manajemen gugus tugas
d.      penyediaan sarana komunikasi antar pengguna dan komputer.
Sistem Operasi yang dikenal antara lain DOS, Windows, Unix, MacOS, FreeBSD dan Linux. Masing-masing sistem operasi mempunyai beberapa varian yang merupakan pengembangan maupun perbedaan distro. Khusus untuk Linux merupakan system operasi yang bersifat Open Source, yang bisa dikembangkan, dimodifikasi dan didistribusian oleh siapapun baik sifatnya berbayar atau tidak berbayar.
*      Perangkat lunak sistem (bahasa), untuk menterjemahkan bahasa level tinggi ke level rendah.
Program harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yaitu dalam Bahasa pemrogram dibedakan menjadi :
a.      Bahasa tingkat rendah (low level language) : bahasa yang berorientasi ke mesin.
b.      Bahasa tingkat tinggi (high level language) : bahasa yang berorientasi ke manusia (seperti bahasa inggris) contoh bahasa Pascal, bahasa C dll.
Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (kenal dengan biner digit) dengan menggunakan penterjemah.
Penterjemah :
ü  Interpreter : menterjemahkan baris per baris instruksi. Contoh bahasa Basic.
ü  Compiler : menterjamahkan setelahseluruh instruksi ditulis. Contoh: bahasa Pascal, C, Ada ,C++, dll.
*      Perangkat lunak aplikasi, untuk menyelesaikan masalah tertentu.
Perangkat lunak aplikasi merupakan suatu program yang membantu seorang user untuk memabntu suatu tugas secara cepat. Biasanya perangkat lunak aplikasi mempunyai gugus tugas tertentu misalnya berupa:
ü  Pengolah kata, misalnya MS-Word, Abi Word, WS, Open Office Word, Star Office Word dan sebagainya.
ü  Spreadsheet, misalnya MS Excel, Open Office Spreadsheet, Lotus 123;
ü  Database management system (DBMS), misalnya MS-Access, Oracle, MySQL;
ü  Graphics, misalnya Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand;
ü  Communication, misalnya mIRC, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox dan Opera.
Sejarah perkembangan komputer dibagi menjadi :
1.   Sebelum tahun 1940
Manusia menggunakan jari untuk mengenali dan membilang nomor satu hingga sepuluh. Selepas itu mereka mulaI mengenali nomor-nomor yang lebih besar tetapi masih menggunakan digit-digit dari 0 hingga 9. Ahli-ahli perniagaan dari negeri China, Turki dan Yunani menggunakan abacus (sempoa) untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1617, John Napier mengemukakan perhitungan logaritma dan menemukan alat yang disebut tulang Napier (Napier’s bones). Blaise Pascal mencipta mesin perhitungan mekanikal pertama pada tahun 1642. Mesin ini beroperasi dengan menggerakkan gear pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ide dalam bidang matematika.Pada tahun 1816, Charles Babbage membuat ‘the difference engine’. Mesin ini bisa menyelesaikan masalah perhitungan matematika seperti logaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dua puluh digit. Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromakenikal yang mdisebut dengan nama Mark I pada tahun 1937. Bentuknya besar dan berat serta mengandungi kabel wayer yang panjang. Semua operasi di dalam komputer dijalankan oleh tenaga elektromagnetik.
2.   Sesudah tahun 1940
Sejarah computer sesudah tahun 1940 ini terbagi 4 generasi :
a.      Komputer generasi pertama :
Komputer generasi pertama menggunakan Vacuum Tube (tabung vakum) untuk menyimpan baris perintah. Vacuum Tube yang diperlukan amatlah banyak agar komputer dapat digunakan secara tepat dan ukuran komputer generasi pertama ini sangat besar. Yang termasuk dalam komputer generasi pertama antara lain:
ü  ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer )
ENIAC didesain dan dibangun oleh John Mauckhy dan John Presper Eckret di Universitas Pennsylvania. Pembangunan ENIAC ini dimulai pada tahun 1943 dengan persetujuan Army’s Ballistics Research Laboratory (BRL). Pada tahun 1946, ENIAC selesai dibuat dengan spesifikasi sebagai berikut :
·         Memanfaatkan bilangan decimal bukan bilangan biner
·         Berat 30 ton
·         Volume 1.500 kaki²
·         Berisi 18.000 Vakum Tube
·         Daya listrik yang diperlukan 140 kW
·         Kecepatan operasi 5000 per detik
·         20 akumulator mampu menampung 10 digit bilangan desimal
·         Masih menggunakan saklar maual
ENIAC digunakan oleh BRL untuk kepentingan perang sampai dengan tahun 1955. Setelah itu, ENIAC tidak lagi digunakan.
ü  Von Neumann Machine
      Von Neumann mencetuskan ide mengenai konsep stored-program (program penyimpanan) sebagai pengembangan dari ENIAC. Idenya tersebut dipublikasikan dalam bentuk proposal pada tahun 1945 dengan nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer). Pada tahun 1946 Von Neumann bersama koleganya mulai mendesain komputer baru dengan konsep program penyimpanan, dimana kemudian dikenal dengan sebutan komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies) karena dikembangkan di Computer of Institute for Advanced Studies.
      Pada tahun 1952 IAS computer meskipun belum lengkap namun sudah memenuhi kegunaannya sebagai komputer yang berbasis konsep stored-program. Secara umum, struktur dari komputer IAS adalah sebagai berikut:
·            Memori utama, untuk menyimpan data dan intruksi.
·            Arithmetic Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner
·            Control Unit, untuk melakukan interpretasi instruksi - instruksi di dalam memori       sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut
·            I/0, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar
ü  Komputer Komersial (Commersial Computer)
Pada tahun 1950-an mulai bermunculan industri komputer, antara lain:
·            1947 - Eckert-Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corporation, dengan produknya: UNIVAC I (Universal Automatic Computer) sebagai tulangpunggung perhitungan sensus di USA, UNIVAC II pada tahun 1950 dengan karakteristik : lebih cepat dan memori lebih besar.
·            1950 – muncul 2 perusahaan yaitu Sperry dan IBM yang pada saat itu mendominasi pasar. Produk dari IBM antara lain: IBM seri 701 tahun 1953, IBM seri 702 tahun 1955.
b.      Komputer Generasi Kedua
Perubahan mendasar pada computer generasi kedua ini adalah penggatian Vacuum Tube oleh transistor. Dimana transistor memiliki spesifikasi sebagai berikut:
·         Lebih kecil
·         Lebih ringan
·         Disipasi daya lebih rendah
·         Solid State device
·         Terbuat dari silikon Silicon (Sand)
Yang termasuk dalam computer generasi kedua antara lain:
1.      IBM 7094
IBM 7094 dibuat dengantujuan kemampuannya semakinmeningkat, kapasitasnya semakin besar, dan biayanya semakin kecil.
2.      DEC PDP 1
Digital Equipment Corporation (DEC) tahun 1957 meluncurkan komputer pertamanya yaitu PDP 1 .
c.       Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga memasukiera microelectronics sebagai penggan titransistor. Microelectronics merupakandasar penemuan dari integrated-circuit (lintasan yang terintegrasi). Yang termasuk dalam computer generasi ketiga antara lain:
1.      IBM 360
IBM 360 diluncurkan padatahun 1964 dan memiliki spesifikasi sebagai berikut:
·         Set Instruksi Mirip atau Identik, dalam kelompok komputer ini berbagai model yang dikeluarkan menggunakan set instruksi yang sama sehingga mendukung kompabilitas sistem maupun perangkat kerasnya.
·         Sistem Operasi Mirip atau Identik, ini merupakan feature yang menguntungkan konsumen sehingga apabila kebutuhan menuntut penggantian computer tidak kesulitan dalam system operasinya karena sama.
·         Kecepatan yang meningkat, model – model yang ditawarkan mulai dari kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi untuk penggunaan yang dapat disesuaikan konsumen sendiri.
·         Ukuran Memori yang lebih besar, semakin tinggi modelnya akan diperoleh semakin besar memori yang digunakan.
·         Harga yang meningkat, semakin tinggi modelnya maka harganya semakin mahal.
2.      DEC PDP-8
PDP-8 diluncurkan pada tahun 1964 dan memiliki spesifikasi sebagai berikut:
·         Minicomputer pertama kali (setelah miniskirt)
·         Tidak memerlukan air conditioned room
·         Embedded applications & OEM
·         Arsitektur PDP-8 sangat berbeda dengan IBM terutama bagian sistem bus. Pada komputer ini menggunakan omnibus system
·         Sistem ini terdiri atas 96 buah lintasan sinyal yang terpisah, yang digunakan untuk membawa sinyal – sinyal kontrol, alamat maupun data
·         Arsitektur bus seperti PDP-8 ini nantinya digunakan oleh computer – komputer modern
d.      Komputer Generasi Keempat
Pada komputer generasi terakhir ini sudah memanfaatkan mikroprocessors.
PERKEMBANGAN MICROPROCESSOR
1.      1971 - 4004
·         Microprocessor pertama
·         Semua komponen CPU adalah
·         single chip
·         4 bit
2.      Diikuti dengan munculnya 8008 tahun
·         1972
·         8 bit
·         Mikroposessor dengan desain aplikasi khusus
3.      1974 – 8080
·         Intel adalah mikroprosessor dengan kegunaan umum.
Dengan teknologi microprocessor ini didapat banyak keuntungan, antara lain:
·         Kecepatan prosessor meningkat
·         Kapasitas memori meningkat
·         Kecepatan memori tertinggal dibanding kecepatan prosessor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar