Categories

Minggu, 10 Juli 2011

NIC

NIC (Network Interface Card)
NIC (network interface card ) atau juga disebut network card (kartu jaringan) adalah jembatan yang menghubungkan computer dengan suatu jaringan computer melalui suatu media yaitu media transmisi. NIC menentukan kecepatan jaringan sesuai dengan arsitektur computer.
NIC
 Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni :
            1.      NIC yang bersifat fisik
Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya. Kartu jaringan Ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Coaxial ataupun kabel Twisted pair, jika didesain untuk kabel Coaxial konektornya adalah BNC dan apabila didesain untuk kabel twisted pair konektornya RJ-45.
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas.
Kartu NIC fisik terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
·      Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC), yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (WirelessEthernet).
·      Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalahEthernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda.
            2.      NIC yang bersifat logis
Contoh NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter yang disebut juga sebagai Network Adapter.

Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut dengan MAC address, yang bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna, namun apabila telah direstart maka MAC addres-nya akan kembali seperti semula.

Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).
Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang dipetakan ke memori, Direct Memory Access (DMA), atau memory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel 
fiber-optic) atau gelombang mikro (jika menggunakan radio atau jaringan tanpa kabel).
NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung, diinstalasikan di dalam firmware atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi.
Ada 3 hal yang harus diperhatikan dari suatu NIC :
·         Tipe kartu jaringan
Sesuai perkembangan computer PC dan mainboardnya, maka tipe slot atau ezpansion slot juga bermacam macam, yaitu ISA, PCI. Untuk mebedakan slot ISA dan PCI yaitu jika casing computer dibuka,dibagian blakang ada beberapa slot, Slot yang berwarna hitam umunya ISA dan slot yang berwarba putih adalah slot PCI.
·         Jenis protocol
Jenis protocol untuk suatu kartu jaringan diantaranya Ethernet dan Fast Ethernet, Token Ring, FDDI dan ATM. Jenis Ethernet kecepatan transfer data yang didukungnya hanya sampai 10Mbps. Sedangkan Fast Ethernet kecepatan transfer datanya 100Mbps. Pada saat sekarang terdapat juga Giga bit Ethernet dengan kecepatan transfer data 1000Mbps dan 10 Giga bit Ethernet dengan kecepatan transfer data 10000Mbps.
·         Tipe kabel yang didukung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar